Mengapa Tidak Telur Ayam ?

 Mengapa Membuat Telur Asin Tidak Menggunakan Telur Ayam ?


       Perlu kalian ketahui yaa Foodies bahwa telur asin pada umumnya terbuat dari telur bebek pilihan. Lalu, mengapa tidak menggunakan telur ayam? Yukk simak penjelasannya dibawah ini!! 

       Alasan mengapa tidak menggunakan telur ayam :

1. Cangkang telur ayam lebih tipis 
Telur ayam memiliki cangkak yang lebih tipis sehingga lebih mudah retak atau pecah pada saat proses pengasinan. 

2. Ukuran telur ayam lebih kecil 
Ukuran telur ayam lebih kecil dibandingkan dengan telur bebek. Pori-pori telur ayam juga lebih halus sehingga membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dalam proses pengasinan dibandingkan dengan menggunakan telur bebek.

Biasanya selama proses ini berlangsung, akan terjadi peningkatan suhu di dalam media pembuatan, sehingga bukan tidak mungkin jika kulit telur yang digunakan terlalu tipis, maka saat terjadi peningkatan suhu, telur akan menjadi pecah.

Belum lagi jika, di dalam media lumpur bata merah, juga sampai terbentuk gelembung udara, yang kemungkinan besar saat gelembung tersebut keluar, maka akan membuat telur yang ada di dalam media menjadi bergerak dan membuatnya saling terantuk, karena itu jika telur yang digunakan memiliki kulit yang tipis, maka resiko untuk pecah menjadi semakin besar.

3. Tidak bertahan lama
Pada umunya telur asin yang terbuat dari telur ayam tidak akan bertahan lama karena cangkangnya lebih tipis, berbeda dengan telur bebek yang memiliki cangkang lebih tebal sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah retak atau pecah.

4. Warna kuning telur
Warna kuning telur pada telur ayam terlihat lebih pucat, berbeda dengan telur bebek yang memiliki kuning telur seperti warna jingga karna telur bebek mengandung minyak lebih banyak.

Nah Foodies!! Itulah mengapa telur ayam tidak digunakan sebagai bahan utama untuk membuat telur asin. Selain itu rasa dan teksturnyapun sangat berbeda dengan telur asin yang terbuat dari telur bebek. Telur asin yang terbuat dari telur bebek rasanya lebih enak dan gurih dibandingkan dengan telur asin yang terbuat dari telur ayam. Nah kalian sudah tahu kan? Rupanya telur asin haji jiroh memang sudah tidak diragukan lagi rasanyaa 😍.

Posting Komentar

0 Komentar