Rahasia Kelezatan Telur Asin Haji Jiroh Yang Gurih, Masir, dan Berminyak

 Rahasia Kelezatan Telur Asin Haji Jiroh yang Gurih, Masir, dan Berminyak

Sudah bukan rahasia lagi kalau Brebes dikenal memiliki telur asin yang enak. Ternyata ada beberapa rahasia yang membuat telur asin ini begitu gurih dan bikin nagih. Bahan baku telur bebek yang digunakan untuk membuat telur asin ini bukan sembarang telur bebek. Masyarakat mendapatkan pasokan telur bebek yang diperoleh dari peternakan di kawasan Brebes. 

Bebek-bebek di Brebes diberi pakan kerang laut dan bekatul, inilah yang membuat hasil telurnya lebih gurih. Selain bahan bakunya, proses pembuatan telur asin ini juga dilakukan secara tradisional dengan resep turun temurun. Telur asin haji Jiroh selalu melakukan proses pengasinan yang lama selama 3-4 Minggu agar hasilnya lebih enak dan Masir, serta lebih tahan lama. Dan menggunakan takaran garam yang tidak terlalu banyak karena proses pengasinannya lama agar rasa asin pada telur asin tetap pas.

Telur Asin haji Jiroh terkenal dengan rasanya yang asin gurih dan bikin nagih. Tekstur kuning telurnya padat masir dan berbulir sementara bagian putihnya lembut. Kelebihan lainnya yakni telur asin haji jiroh tidak memiliki bau amis yang menyengat. Hal ini yang membuat telur asin menjadi kudapan sekaligus oleh-oleh buruan kala orang melintas di Brebes. 

Selain telur asin original, kini juga ada telur asin panggang dan telur asin bakar. Kedua varian baru telur asin ini juga tak kalah diburu masyarakat. Di sepanjang jalan Brebes hampir ada penjual telur asin tapi jangan asal sembarangan membeli. Karena tidak semua penjual menawarkan telur asin yang berkualitas lho. 

Berikut beberapa tips memilih telur asin yang Masir ala haji Jiroh :

1. Pilih yang bersih dan berwarna biru cerah 
Sebelum membeli telur asin, pilih telur yang berwarna biru cerah dengan permukaan kulit bersih. Warna biru cerah menandakan kalau telur masih dalam keadaan segar dan baru dibuat. Hindari membeli telur asin dengan warna kusam atau berbintik kehitaman. Bintik ini adalah jamur yang tumbuh karena telur asin terlalu lama disimpan. 

2. Memiliki bobot yang berat
Mirip seperti telur segar, telur asin yang bagus memiliki bobot yang berat. Coba rasakan berat telur dengan tangan, kalau telur terasa enteng sebaiknya jangan dibeli yaa. 

3. Lihat bagian dalam dan cicipi


Untuk lebih, meyakinkan coba minta penjualnya membelah telur asin. Telur asin yang berkualitas memiliki bagian putih yang bersih dan cerah. Sementara bagian kuning telurnya terlihat berwarna oranye cerah dengan sedikit minyak.

Soal rasa, telur asin haji Jiroh pastinya sangat enak, memiliki rasa asin yang gurih dan tidak terlalu menyengat. Selamat berbelanja telur asin! 

Posting Komentar

0 Komentar